Tuesday, July 23, 2019

Pengertian dan Jenis Sel

 Pengertian dan Jenis Sel 


Sebenarnya apa sih itu sel? Sel adalah satuan struktural, fungsional, dan biologis dasar dari semua organisme hidup yang dikenal. Sel tersebut biasanya berukuran antara 10 µm – 100 µm. Organisme yang terdiri dari banyak sel disebut multiseluler (seperti hewan, tumbuhan, bakteri), sedangkan organisme yang hanya terdiri atas satu sel disebut uniseluler (protista, bakteri, alga, protozoa)

Kata sel sendiri diusulkan oleh Robert Hooke (1635 – 1703) yang berarti kotak-kotak kosong, setelah ia mengamati potongan gabus (cork) dengan mikroskop. Ia menyimpulkan bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yang dinamakan protoplasma.

Istilah protoplasma pertama kali dipakai oleh Johannes Purkinje. Menurutnya protoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu sitoplasma dan nukleoplasma. Pada 1838, Schwaan dan Schleiden bahwa tumbuhan dan hewan mempunyai persamaan, yaitu tubuhnya tersusun oleh sel-sel. Teori tersebut dikembangkan menjadi suatu teori sebagai berikut:

Sel adalah satuan struktural makhluk hidup
Sel adalah satuan fungsional makhluk hidup
Sel adalah pembawa sifat makhluk hidup
Sel baru berasal dari sel itu sendiri (pembelahan sel)
Setiap sel mempunyai aksi secara bebas namun tetap berhubungan dengan organisme lengkap
Ada dua jenis sel, yaitu:

Prokariotik – tidak memiliki selaput (membran) nukleus, mitokondria, kloroplas, serta organel lainnya; jadi organel tidak terlihat secara jelas; terdapat di berbagai bakteri dan alga (monera)
Eukariotik – memiliki membran nukleus dan organel lainnya dan tampak jelas; terdapat di hewan, tumbuhan, protista, dll.

Pengertian dan Jenis Sel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment