Wednesday, October 23, 2019

Pengertian dan Proses Pembelahan Sel

 Pengertian dan Proses Pembelahan Sel

Pembelahan sel adalah suatu proses dimana material seluler dibagi kedalam dua sel anak. Pada organisme tersebut, yang umumnya dimulai dari satu sel tunggal. Sel mempunyai kemampuan untuk memperbanyak diri dengan melakukan pembelahan. Pembelahan sel diperlukan bukan hanya untuk pertumbuhan, tetapi juga untuk perbaikan jaringan-jaringan yang hancur (seperti saat luka).

Pembelahan secara langsung


Pembelahan biner (amitosis)

Pembelahan biner banyak dilakukan organisme uniseluler dan prokariotik seperti bakteri, protozoa, dan mikroalga. Pembelahan berlangsung spontan tanpa melalui tahap-tahap pembelahan sel. Pembelahan biner dimulai dengan pembelahan inti sel menjadi dua, lalu diikuti pembelahan sitoplasma. Akhirnya, sel terbelah menjadi dua sel anak identik.

Pembelahan secara tidak langsung

Pembelahan sel secara tidak langsung dimulai dengan pembelahan nukleus melalui tahap-tahap yang ditandai dengan penampakan kromosom yang berbeda-beda.

Hal ini bisa melewati dua metode pembelahan nukleus: mitosis (membuat dua anak diploid yang identik) atau meiosis (membuat 4 anak haploid yang tidak identik agar dapat membuat zigot diploid pada saat fertilisasi). Mitosis dilakukan oleh sel-sel somatik (badan) sedangkan meiosis terjadi saat pembentukan gamet.

Berikut siklus reproduktif sel:



Fase G1 (growth 1) – Sel melakukan aktivitas normalnya dan bertumbuh
Fase S (sintesis DNA) – Replikasi DNA (duplikasi kromosom)
Fase G2 (growth 2) – Sintesis protein; siap untuk mitosis/meiosis
Pembelahan nukleus – Mitosis atau meiosis
Sitokinesis – Pembelahan sitoplasma

Mitosis



Meiosis

Juga disebut pembelahan reduksi, meiosis menghasilkan gamet haploid agar dapat menjaga jumlah kromosom diploid (2n) pada saat fertilisasi.

Meiosis terbagi menjadi dua tahap besar yaitu meiosis I dan meiosis II. Fase meiosis II sangat mirip dengan mitosis.










Pengertian dan Proses Pembelahan Sel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment