Monday, October 5, 2020

Cabang Cabang Ilmu Biologi yg Harus Kamu Ketahui


Cabang Cabang Ilmu Biologi yg Harus Kamu Ketahui

Bagi kalian yang merupakan anak IPA pasti tidak asing lagi dengan mata pelajaran Biologi bukan? Biologi sendiri mempelajari tentang keseluruhan makhluk hidup. Tapi, tahukah kalian jika ilmu biologi ini dibagi ke dalam beberapa cabang dan diklasifikasikan menurut objeknya? Nah, apa saja ya cabang biologi yang dimaksud? Berikut pembahasan lebih lanjut!

Ruang lingkup biologi yang semakin meluas, menuntut para ahli biologi membuat pengkhususan kajian sesuai pada objeknya yang lebih mendalam sehingga memberikan manfaat yang semakin besar. Pengkhususan kajian yang mendalam ini menghasilkan berbagai cabang biologi yang semakin hari semakin berkembang.

Memang cukup sulit jika ingin menguasai semua bidang ilmu biologi. Namun, paling tidak dapat diketahui bahwa dalam ilmu biologi terdiri dari beberapa pecahan ilmu yang membahas tentang beraneka ragam makhluk hidup. Adapun, berbagai cabang biologi ini antara lain :

Anatomi, yaitu cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur bagian dalam tubuh makhluk hidup. Biasanya, ilmu biologi ini sangat penting dalam dunia kedokteran.

Bakteriologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai bakteri

Bioteknologi adalah ilmu biologi yang mempelajari teknik. pemanfaatan organisme untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia.

Botani adalah ilmu yang didalamnya mempelajari tentang beraneka ragam tumbuhan.

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Embriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan makhluk hidup atau perkembangan embrio mulai dari pembuahan sel telur hingga ke tahap janin.

Entomologi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang serangga.

Etologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku makhluk hidup.

Filogeni adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara kelompok organisme berdasarkan proses evolusinya.

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup.

Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang gen, materi genetic (DNA dan RNA) dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen.

Herpetologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang reptilian dan amfibia.

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan atau sekumpulan sel yang bekerjasama untuk menjalankan suatu fungsi.

Imunologi adalah ilmu yang mempelajari system kekebalan tubuh.

Mikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jamur atau fungi.

Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk dan struktur makhluk hidup.

Cabang Cabang Ilmu Biologi yg Harus Kamu Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahadi muslih

0 comments:

Post a Comment