Thursday, August 16, 2018

Arti layanan Ekosistem Alam


Arti layanan Ekosistem Alam

Dalam struktur ekosistem, manusia dan alam memiliki ketergantungan satu sama lain dalam sebuah siklus ekosistem. Jika terganggu salah satunya maka akan terjadi ketidakseimbangan siklus tersebut. Lalu, apa saja layanan yang diberikan oleh ekosistem itu dan apa pula yang dimaksud dengan layanan ekosistem?

Pada materi sebelumnya telah dijelaskan bahwa ekosistem adalah unit fungsional alam dimana makhluk hidup berinteraksi antar sesamanya dan dengan lingkungan fisik sekitarnya. Interaksi antara makhluk hidup di dalam habitat yang sama dapat menciptakan sebuah sistem yang stabil.

Sementara, pengertian dari layanan ekosistem atau ecosystem service itu sendiri adalah manfaat ekosistem bagi masyarakat dan alam. Hal ini bisa diartikan sebagai keuntungan-keuntungan yang diperoleh manusia dari keberadaan suatu ekosistem.

Pada dasarnya, keuntungan yang didapatkan tersebut bisa berupa keuntungan yang dapat dihitung maupun yang tidak dapat diperhitungkan secara langsung. Ada 4 kategori layanan ekosistem yang bermanfaat bagi manusia, yaitu :

Layanan penyediaan (provisioning service)

Ini merupakan hasil langsung yang diperoleh dari ekosistem. Hal ini bisa berupa makanan, raw material, air tawar, sumber daya genetic, dan sumber dari obat-obatan.

Layanan pengaturan (regulating service)

Ini berkaitan dengan pengaturan proses-proses dalam ekosistem. Ini bisa berupa penyerapan karbon, pengontrolan bencana, pemurnian air, pencegahan erosi dan memelihara kesuburan tanah, kontrol biologi, serta penyerbukan tanaman.

Layanan kultural (cultural service)

Cultural Service berkaitan dengan manfaat non-materi yang didapatkan dari ekosistem. Salah satu contohnya seperti rekreasi, nilai estetika, nilai spiritual, agama, dan etika.

Layanan pendukung (supporting service)

Ini merupakan layanan yang diperlukan untuk menghasilkan semua layanan ekosistem lainnya. Seperti menyediakan habitat, produktivitas primer, dan siklus nutrisi.

Layanan ekosistem tersebut merupakan hal pokok dalam kehidupan manusia. Dimana, terdapat tiga bidang yang bisa dihasilkan darinya, yaitu dari sisi ekonomi, lingkungan, dan estetika.

Salah satu contohnya adalah ekosistem hutan. Dimana, hutan sebagai penyedia udara segar atau oksigen, air bersih, penahan air, pencegah banjir dan lain sebagainya.

Arti layanan Ekosistem Alam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahadi muslih

0 comments:

Post a Comment