Tuesday, November 24, 2020

Gangguan Yang Terjadi Pada Pewarisan Sifat Dalam Ilmu Biologi

 Gangguan Yang Terjadi Pada Pewarisan Sifat Dalam Ilmu Biologi

Albino


Gangguan pada pembentukan pigmen melanin, sehingga rambut dan kulitnya berwarna putih. Sifat albino dikendalikan oleh gen resesif a, jadi penderita albino mempunyai genotipe aa, sedangkan orang yang normal mempunyai fenotipe AA atau Aa.

Diabetes Mellitus


Kencing manis atau sakit gula adalah suatu penyakit metabolisme pada tubuh manusia yang disebabkan karena pankreas kurang menghasilkan insulin. Kadar gula dalam darah sangat tinggi dan sebagian dibuang melalui air kencing.

Sifat ini ditentukan oleh gen resesif d. Jika seseorang diketahui menderita diabetes, sedangkan kedua orang tuanya normal, maka dapat dipastikan bahwa kedua orang tua itu heterozigotik.

Hemofilia


Kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. Hemofilia A dan B tidak dapat dibedakan karena mempunyai tampilan klinis yang mirip dan pola pewarisan gen yang serupa.

Gen hemophilia terdapat pada kromosom X dengan alel yang resesif terhadap alel normal. Hemofili akan muncul jika alel h tidak bersama alel H. Sehingga pria yang menderita hemofili akan memiliki kromosom seks dengan genotipe XhY. Wanita hemofili (XhXh) tidak dijumpai karena bersifat letal (mati dalam kandungan).

Gangguan Yang Terjadi Pada Pewarisan Sifat Dalam Ilmu Biologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment