Tuesday, November 24, 2020

Memahami Dasar-dasar Genetika pada Ilmu Biologi

 Memahami Dasar-dasar Genetika pada Ilmu Biologi

Kromosom adalah struktur di dalam sel yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein terkait yang membawa informasi genetika suatu organisme. Dalam manusia, terdapat 46 jumlah kromosom yang membuat 23 pasang.

Kromosom laki-laki ditulis 44AA + XY, sedangkan kromosom wanita ditulis 44AA + XX. Setiap spesies makhluk hidup memiliki kromosom yang khas dan tetap.

Kromosom homolog adalah kromosom yang berpasangan yang mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer, serta struktur yang (hampir) sama.

Kromosom pada manusia dan makhluk hidup yang berkembang biak secara seksual dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsi, yaitu sebagai berikut:

Autosom - kromosom yang mengatur sifat-sifat tubuh selain jenis kelamin, terdapat 22 pasang (44 buah) dan selalu berpasangan (diploid – 2n)
Gonosom (allosome) – kromosom terlibat dalam penentuan jenis kelamin serta perkembangan karakteristik seksual pada suatu organism; terdapat pada sel kelamin (gamet) dan tidak perpasangan (haploid – n)


Kromosom

Gen adalah bagian kromosom yang mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup (membawa sifat). Setiap gen memiliki berbeda-beda variasi yang disebut alel. Gen tersebut terdapat pada lokus-lokus kromosom.


Gen

Karena sel manusia membawa dua salinan dari setiap kromosom mereka memiliki dua versi dari setiap gen.

Alel adalah variasi dari sebuah gen. Contohnya adalah gen untuk warna mata, ada alel untuk warna biru dan juga untuk coklat. Ada alel dominan dan alel resesif.

Alel dominan menunjukkan efeknya bahkan jika individu hanya memiliki satu dari dua pasangan alel berbeda (heterozigot dan homozigot dominan)
Alel resesif hanya akan menunjukkan efeknya jika pasangan alel tersebut adalah alel resesif itu (homozigot resesif)
Jika pasangan alel mempunyai dua alel dominan berbeda (heterozigot dominan), maka akan ada kodominasi. Efek yang terjadi adalah campuran dari kedua alel tersebut.
Genotipe adalah sifat yang ada dari dua alel.

Fenotipe adalah sifat-sifat yang bisa diobservasi dengan kelima indera.

Memahami Dasar-dasar Genetika pada Ilmu Biologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment